Senin, 11 Maret 2013

Menelisik tentang Sistem



Dalam setiap aspek manusia, manusia selalu memiliki system sebagai controller tatanannya. Tapi sebenarnya apa itu system?  Istilah “sistem” sebenarnya diambil secara analogi dari biologi dalam ilmu alam, seperti misalnya: sistem peredaran darah; sistem tata surya atau sistem saraf.
 Menurut Encarta Ensyclopedia, pengertian sistem itu ialah  System, any collection of component elements that work together to perform a task. Sedangkan, Menurut Prof. Dr. Rusadi Kantaprawira, sistem dapat diartikan sebagai suatu kesatuan yang terbentuk dari beberapa unsur, atau komponen, atau bagian yang satu sama lain berada dalam keterikatan yang kait-mengait dan fungsional. Masing-masing kohesif satu sama lain, sehingga ketotalitasan unit terjaga utuh eksistensinya.

Dalam Oxford Dictionary menyatakan definisi sistem sebagai; a group of parts of objects, often consisting of a principal part and a number of less important parts, working together according to a purpose.
Tetapi saya menarik kesimpulan bahwa sistem dapat diartikan pula sebagai sesuatu yang lebih tinggi daripada hanya merupakan cara, tata, rencana, skema, prosedur atau metode. Sistem adalah suatu cara yang mekanismenya berpola dan konsisten, bahkan mekanismenya sering bersifat otomatis (Kantaprawira).
Jadi gambaran yang sederhana untuk menjelaskan apa itu system ialah  keterikatan unsur-unsur dalam suatu kesatuan, fungsinya dalam kesatuan, dan hubungannya satu sama lain

Tidak ada komentar:

Posting Komentar